Dari tahun ke tahun perkembangan strategi digital marketing semakin meningkat. Tetapi cara kita memahami dan memenuhi kebutuhan para konsumen masih menjadi challenge bagi kita yang saat ini bekerja di brand ataupun agency.
Jika kita lihat dan pahami saat ini untuk mencapai strategi yang oke, selain campaign yang kita using, kita pun harus bisa menawarkan suatu solusi yang mengatasi permasalahan juga kebutuhan dasar calon customer.
Menurut pengalaman dari Digitalmind sendiri adalah yang perlu kita sama-sama pahami di awal kita membuat strategi digital adalah komunikasi. Komunikasi ini maksudnya adalah kita tahu apa yang diinginkan calon customer, tarket market mereka, berapa lama kita akan menjalankan rencana ini serta goals kedepannya mau seperti apa.
Biar makin paham dengan strategi digital di awal ini, Digitalmind coba jelasin buat kamu langkah-langkah awal membuat strategi digital :
- Tentukan tujuan, dalam hal ini adalah tujuan bisnis juga tujuan campaign atau marketing. Hal ini terlihat mudah, tapi langkah ini mengharuskanmu membuat serangkaian tujuan yang rinci serta spesifik. Langkah awal ini berguna agar di awal kita sudah mempunyai ‘pakem’ agar tetap fokus dengan langkah yang diambil.
- Setelah kita menentukan tujuan, kita mulai membuat Campaign yang sesuai dengan produk yang akan kita pasarkan. Di tahap ini kamu bisa membagi kedalam 3 fase. Yang pertama awareness yaitu meningkatkan kesadaran juga ketertarikan konsumen terhadap produk kita. Yang kedua consideration yaitu mendorong konsumen untuk mulai berpikir tentang produk kita serta mencari tahu lebih banyak tentang produk atau jasa kita. Tahap ketiga conversions yaitu mendorong konsumen yang sudah ‘ngeh’ serta tertarik terhadap produk atau jasa kita dengan mulai memakai produk atau jasa kita. .
- Tentukan target market produk ini, tahap ini penting karena selain untuk meningkatkan penjualan, budget yang nantinya kita gunakan dalam menjalankan campaign akan lebih efisien apabila targetnya sesuai tepat sasaran. Faktor ini meliputi usia, lokasi, gender, level edukasi, status pernikahan/keluarga & pekerjaan.
- Langkah selanjutnya adalah tentukan channel social media yang sesuai dengan tujuan serta target market kita. Channel ini bisa meliputi IG, FB, Website, Twitter, Youtube dan beberapa channel yang saat ini semakin berkembang.
- Setelah langkah diatas, kita bisa membuat content plan selama waktu yang ditentukan (misalnya satu tahun) ini menjadi lebih jelas arahnya karena sudah terencana.
- Setelah langkah-langkah diatas berjalan kita bisa sambil menganalisis serta mrngevaluasi, karena diperlukan optimasi berkala untuk memastikan campaign yang sudah kita buat berjalan dengan baik. Hal ini berguna untuk melihat apakah sudah efektif & maksimal langkah-langkah yang sudah kita jalankan.
Nah semakin paham kan dengan strategi digital marketing. Untuk kamu yang saat ini sedang membangun brand untuk produkmu, langkah-langkah diatas bisa menjadi proses awal untuk menyiapkan strategimu.
Tetapi jika kamu merasa bingung dalam mengembangkan brand produkmu, yuk ngobrol bareng Tim Digitalmind. Kami akan dengan senang hati membantu kamu dalam menyiapkan strategi digital marketing agar produkmu semakin dikenal.